Gubernur Ridwan Kamil Akan Bangun Taman Dilan di Kota Bandung

Detik - Detik Kasus - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamiberencana untuk membangun taman tematik bertema Dilan di Bandung, Jawa Barat. Nantinya, taman itu akan diberi nama Taman Dilan. 
Rencananya, taman tersebut akan dihiasi berbagai hal bertema Dilan, mulai dari mural, replika sepeda motor milik Dilan, foto-foto, serta puisi maupun tulisan sajak dari karya penulis novel Dilan, Pidi Baiq.
"Tahun ini Insya Allah kita akan mengabadikan legenda Dilan ini menjadi sebuah Taman Dilan di Kota Bandung. Setiap datang ke taman itu lihat muralnya, lihat lifestylenya, foto dan berinteraksi, kalimat ayah (Padi Baiq) juga akan kami abadikan," kata Ridwan Kamil saat ditemui di rumah dinasnya di Gedung Pakuan, Jalan Cicendo, Bandung, Minggu (10/2).
"Kemudian dengan Ayah (Pidi Baiq) saya sudah sepakat ada legenda-legenda kontemporer, istilahnya kita abadikan dalam sebuah tempat," imbuhnya.
Ridwan Kamil juga menyebutkan kalau di Taman Dilan bakal ada perpustakaan yang mayoritas berisi buku-buku tentang Dilan dan Bandung.
"Nanti di tempat itu ada perpustakaan yang isinya buku-buku mayoritas tentang Bandung dan Dilan juga. Termasuk nanti ada motor-motor yang disulap jadi seolah-olah motor Dilan," ujarnya lagi.
Taman Dilan rencananya didirikan di kawasan Gelanggang Olahraga (GOR) Saparua, Citarum, Bandung.  
Suami Atalia Praratya juga menyebutkan kalau Taman Dilan ini akan didedikasikan untuk film Dilan yang telah berhasil mengenalkan Kota Bandung ke khalayak ramai serta meningkatkan citra dan segi pariwisata.
Lebih lanjut, Ridwan Kamil berharap dengan adanya taman Dilan ini bisa meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Bandung.
"Taman Dilan nanti akan ada di Gelora Saparua. Mudah-mudahan itu menjadi daya tarik. Kalau ke Amerika ada Disneyland, kita cukuplah Taman Dilan. Asal kesininya membawa benefit ekonomi yang positif," pungkasnya.
Film Dilan 1990 yang rilis 2018 lalu menuai beragam pujian dan apresiasi positif dari masyarakat. Selain alur ceritanya, masyarakat tampaknya juga tertarik pada lokasi-lokasi yang ada dalam film karya sutradara Fajar Bustomi itu.
Lanjutannya, film Dilan 1991 yang juga berlokasi di Bandung pun akan segera tayang di bioskop pada 28 Februari 2019 mendatang. Sementara, pada 24 Februari mendatang bakal diperingati sebagai Hari Dilan. Selain itu bakal digelar Gala Premiere film Dilan 1991 di bioskop kota Bandung. Tiket di setiap bioskop pada Hari Dilan dapat diperoleh dengan harga Rp10 ribu saja.[]


Sumber : Akurat.co

Komentar