Tak Efektif Bersihkan Udara Walau Tanaman Ada Didalam Rumah

Detik-Detik Kasus - Menanam pohon di dalam rumah sering disebut-sebut memiliki banyak manfaat, salah satunya dapat membersihkan udara dalam rumah.
Perlu diketahui, dilansir dari Science Alert, penelitian terbaru menunjukan tanaman hias dipastikan tidak efektif bersihkan udara dalam rumah.
Penelitian yang dilakukan selama 30 tahun ini menemukan bahwa untuk mencapai kualitas udara sama seperti membuka beberapa jendela, di sebuah rumah berukuran 140 meter persegi, membutuhkan sekitar 680 tanaman di dalamnya.
Bila dirata-rata, ini seperti 5 tanaman per meter persegi. Apalagi jika Kamu ingin membuat udara di dalam rumah menjadi lebih bersih dari sekadar membuka jendela atau pintu. Maka Kamu butuh sekitar 100 tanaman per meter persegi.
Michael Waring dari Drexel University, seorang insinyur lingkungan yang juga menulis studi ini mengatakan, kemampuan tanaman untuk menyaring udara telah menjadi kesalahpahaman umum.
"Tanaman memang sangat bagus, tetapi mereka tidak cukup cepat dalam membersihkan udara dalam ruangan untuk memengaruhi kualitas udara di dalam rumah atau kantor Anda," kata Michael.
Hampir semua eksperimen menemukan bahwa kecepatan tanaman dalam membersihkan senyawa organik mudah menguap dari udara terlalu lambat sehingga tidak relevan.


Sumber : Akurat.co

Komentar