WhatsApp Tak Bisa Lagi Digunakan Pada Jutaan Smartphone

Detik-Detik Kasus - Aplikasi perpesanan WhatsApp tidak akan lagi bisa digunakan pada jutaan Smartphone mulai hari ini, Sabtu (1/2/2020).
Perangkat Android dan IPhone yang hanya mendukung sistem operasi yang sudah usang tidak akan lagi dapat menjalankan aplikasi yang dimiliki Facebook itu.
Smartphone yang menggunakan versi Android 2.3.7 (Gingerbread) dan lebih lama serta IPhone iOS 8 atau yang lebih tua tidak lagi bisa menggunakan WhatsApp. Perangkat tertent seperti IPhone 4, yang hanya mendukung iOS 7, tidak akan lagi kompatibel dengan aplikasi.
Sistem operasi yang tidak didukung WhatsApp adalah sistem operasi lawas, yang tidak lagi diperbarui atau diinstal pada perangkat baru. Sebagian besar pengguna harus memperbarui sistem operasi mereka untuk terus menggunakan layanan WhatsApp.
WhatsApp mengatakan langkah ini diperlukan untuk melindungi keamanan penggunanya.
"Ini adalah keputusan sulit bagi kami untuk membuat, tetapi yang tepat untuk memberi orang cara yang lebih baik untuk tetap berhubungan dengan teman, keluarga, dan orang-orang terkasih menggunakan WhatsApp," kata juru bicara perusahaan melansir BBC.
Analis CCS Insight, Ben Wood mengatakan kebijakan ini kemungkinan akan berdampak tidak proporsional pada penggunanya, terutama di pasar yang sedang tumbuh di mana terdapat proporsi tinggi perangkat yang lebih tua.
"WhatsApp jelas tidak punya pilihan selain memastikan layanannya tetap aman, namun ia menghadapi efek samping yang sulit bahwa aplikasi tersebut tidak lagi kompatibel dengan Smartphone yang lebih tua," ujarnya.
WhatsApp, yang merupakan aplikasi keempat yang paling banyak diunduh pada dekade ini, pertama kali memperingatkan penggunanya bahwa perubahan ini akan terjadi pada tahun 2017.
Keputusan Ini adalah yang terbaru dalam serangkaian langkah setelah WhatsApp menarik dukungan untuk banyak perangkat pada tahun 2016, dan kemudian dari semua ponsel Windows pada tanggal 31 Desember 2019.

Sumber : Akurat.co

Komentar